Langsung ke konten utama

DKI Akan Sita Becak Dari Luar Jakarta

 Kepala Satpol PP DKI Jakarta Yani Wahyu mengatakan, pihaknya akan menyita becak-becak yang datang dari luar Jakarta. Sebab, becak-becak yang didatangkan dari luar Jakarta melanggar ketentuan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

"Pokoknya becak masuk Jakarta, saya tangkap, saya sita, karena melanggar Peratuan Daerah Ketertiban Umum, becak dari luar. Sampai saat ini, perdanya masih melarang membuat, merakit, dan mengoperasionalkan becak. Becak dari luar akan tetap kami sita," ujar Yani saat dihubungi wartawan, Jumat (26/1/2018).

Yani mengakui becak yang beroperasi di kampung-kampung di Jakarta juga sebenarnya melanggar perda tersebut. Namun, becak yang sudah ada saat ini dikecualikan karena ada kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Iya (melanggar), tetapi, kan, ada kebijakan Pak Gubernur, supaya nanti diatur menjadi transportasi lingkungan, dekat-dekat pasar," katanya.

Baca juga: Anies Dapat Laporan, Becak dari Luar Daerah Mencoba Masuk Jakarta

Kepala Satpol PP Yani Wahyu di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (1/8/2017).
Kepala Satpol PP Yani Wahyu di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (1/8/2017). (KOMPAS.com/JESSI CARINA )
Satpol PP, kata Yani, akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk menjaga wilayah-wilayah perbatasan agar tidak ada becak yang masuk dari daerah lain. Mereka akan langsung menertibkan becak-becak itu.

"Saya bersama Dishub, kami akan jagain. Pokoknya (becak) masuk ke Jakarta, kami sita. Nanti kami koordinasi dengan Dishub," ucap Yani.

Pada Selasa (26/1/2018), Satpol PP menangkap tangan truk berisi becak yang akan masuk ke Jakarta. Jumlah yang diangkut truk itu diperkirakan lebih dari 50 becak. Satpol PP langsung mengusir dan memerintahkan truk tersebut kembali ke daerah asalnya. Jika sekali lagi ketahuan ada becak didatangkan ke Jakarta, Satpol PP tak segan-segan menyita becak-becak itu.

Baca juga: Sandi Akan Buat Pelatihan Pelayanan untuk Penarik Becak, Termasuk Cara Gowes

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya mengaku mendapat laporan dari Satpol PP mengenai kedatangan becak yang diangkut truk dari luar daerah dan mencoba masuk Ibu Kota. Kejadian itu terjadi pada Selasa.

"Begini, di Satpol PP itu memantau dan mereka sempat mendapatkan ada beberapa becak yang kemudian belum sampai turun truknya sudah disuruh kembali (ke daerah asal)," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

24 Pantai Yang Bebas Polosi Di Thailand

Pemerintah Thailand menerbitkan peraturan larangan merokok di 24 pantai yang tersebar di 15 provinsi sejak Kamis (1/2/2018). Ada banyak pantai yang terkenal di kalangan wisatawan seperti Phuket, Koh Samui, dan Krabi yang termasuk dalam daftar pantai dilarang merokok.



"Sejak 1 Februari, merokok dan membuang puntung rokok sembarangan dilarang di area pantai. Siapapun yang ingin merokok, harus merokok di area khusus bukan di pantai," kata Director Department of Marine and Coastal Resources Thailand, Bannarak Sermthong.

Sanksi penjara satu tahun dan denda sebesar 100.000 bath atau setara Rp 4,2 juta dikenakan kepada orang yang ketahuan merokok dan membuang puntung rokok di pantai.

Bukan tanpa sebab pemerintah Thailand memberlakukan peraturan tersebut. Menurut penelitian dari Department of Marine and Coastal Resources Thailand dalam satu kawasan pantai ditemukan 100.000 puntung rokok. Jumlah tersebut merupakan 30 persen sampah yang ditemukan di kawasan pantai.

Bahkan di salah sat…

Karyawan BI Di Tangkap

Seorang warga Jakarta Selatan bernama Agus Salim (47) ditangkap polisi pada Minggu (9/12/2017) atas kasus pencurian. Bukan pencurian biasa, korban Agus adalah Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Mardiaz Kusin Dwihananto menceritakan, awalnya pihaknya menerima laporan dari Mirza pada Sabtu siang. Mirza tengah berkunjung ke Hotel Veranda di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Korban sedang berada di dalam mobil dan tanpa disadari tas miliknya terjatuh," kata Mardiaz dalam keterangan tertulisnya, Minggu siang.

Di dalam tas berbentuk pouch itu, ada uang sebesar Rp 3.440.000, dua amplop gaji, satu iPhone 7 Plus, buku tabungan, serta ID card Mirza. Setelah Mirza melapor, polisi pun segera melacak keberadaan barang-barang itu.

Hasil penelusuran mengantarkan polisi ke Hotel Yasmin yang berada di Cipanas, Jawa Barat. Barang-barang Mirza ternyata dibawa oleh Agus.

"Pelaku mengendarai mobil Toyota Avanza mengambil …

3 Layanan Tambahan Pasca-Service Yang Diberikan Penyedia Jasa Cuci AC

Enaknyamenyewa jasa cuci AC adalah hemat waktu dan harganya sebanding dengan hasil. Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk membersihkan, merawat, dan mencucinya sendiri. Kemungkinan terjadinya kesalahan karena kekurangpahaman Anda tentang cara mencuci AC pun bisa dihindari.
Spare part mana yang boleh dicuci langsung dengan air tau hanya dibersihkan debunya, hal inilah sebagian besar orang tidak tahu. Selain itu, masih ada layanan tambahan yang diberikannya pasca-service AC. Apa saja? Simak dalam penjelasan berikut. 1. Garansi Perawatan dan Cuci AC Layanan tambahan pertama yang diberikan jasa dan layanan cuci AC terbaik adalah dengan memberi garansi 30 hari. Apalagi jika Anda tidak sekadar cuci, tapi juga pengecekan, perawatan, dan memperbaiki spare part tertentu yang dianggap menurun kinerjanya. Anda hanya perlu kembali menghubungi mereka dan menjadwalkan jadwal service ulang. Salah satu konsumen pernah mengeluh tentang AC yang justru bermasalah setelah dicuci atau diperbaiki oleh pen…